Rabu, 21 Januari 2009

Angka Kredit Fidusia Pegadaian Cabang Purwodadi Capai 3M


GROBOGAN-Meski banyak lembaga keuangan menawarkan kredit dengan berbagai kemudahan, Kredit Angsuran Fidusia (Kreasi) Pegadaian cukup diminati masyarakat. Terbukti, angka Kreasi hingga akhir tahun 2008 mencapai lebih Rp 3 milliar.


Jumlah nasabah Perum Pegadaian cabang Purwodadi pun mencapai 175 orang nasabah. Menurut manajer Perum Pegadaian Cabang Purwodadi Moch Said, perolehan angka kredit ini sesuai target yang ditetapkan kantor pusat Perum Pegadaian. “Bahkan, angka kredit sedikit melampaui target yang telah ditetapkan,” katanya kemarin.


Di tahun 2009, pihaknya mentargetkan pencapaian angka kredit sebesar Rp 5 miliar. Target ini menurut Said cukup rasional, mengingat banyak calon nasabah yang mengaku tertarik dengan Kreasi. “Hingga 20 Januari kemarin saja, angka kredit sudah mencapai Rp 450 Juta,” bebernya.


Pihaknya optimis angka kredit akan terus naik, mengingat Kreasi menawarkan bunga ringan. “Bunga hanya 0,9 persen perbulan ,” terangnya. Rendahnya bunga Kreasi ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para calon nasabah. Terlebih syarat pengajuan Kreasi sangat musah.


Dijelaskan, untuk mengajukan pinjaman Kreasi, nasabah diharuskan memiliki usaha. Dikatakan, usaha yang dimilki calon nasabah bisa berskala kecil, mikro maupun menengah. Kepemilikan usaha ini ditandai dengan bukti SIUP maupun surat keterangan dari kepala desa calon nasabah “Kami berikan banyak kemudahan, karena kredit ini memang dikhususkan untuk program penegmbangan UMKM,” jelas Said.


Ia menambahkan, syarat pengajuan pinjaman ini juga harus menyertakan agunan berupa BPKB kendaraan bermotor, minimal keluaran 15 tahun terakhir. Besarnya modal tergantung nilai taksiran dari harga kendaraan calon nasabah. “Jumlah pinjaman bervariasi, dari Rp 1 juta hingga Rp 100 juta,” bebernya.


Jika semua syarat terpenuhi, Moch said menjanjikan uang pinjaman akan segera dicairkan. Ia mengatakan, pencaian dana itu selambat-lambatnya tiga hari setelah pengajuan pinjaman disetujui pihak Pegadaian.


Saat ini, pihak Pegadaian Cabang Purwodadi sedang melakuakn sosialisasi kepada para calon nasabah. Diseutkan, calon nasabah yang paling potensial adalah para pedagang di pasar-pasar yang tersebar di kota purwodadi dan sekitarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar